Selamat datang di Blog yang sederhana ini. Mari Share tentang dunia Adventure :)
Semoga Bermanfaat ! :)

"Mereka Ada karena Kita Jaga"

>> Senin, 24 Oktober 2011


EDELWEISS


Edelweiss (Edelweis Anaphalis javanica) Mungkin banyak orang sudah tahu apa itu edelweiss. Yah, edelweiss adalah salah satu bunga yang hanya ditemukan di daerah pegunungan yang tingginya diatas 3000 mdpl. Edelweiss biasa dijuluki dengan nama bunga abadi. Mengapa? Karena bunga ini dapat bertahan hidup bertahun-tahun dan tak pernah layu. Biasanya para pendaki gunung mencari bunga ini. tetapi keberadaannya saat ini sangat langka. “Edelweiss ada karena kita jaga”.

Bentuk bunga edelweiss sendiri bemacam-macam. Ada yang berbentuk seperti alang-alang dan juga ada yang berbentuk seperti bunga kol. Tetapi pada umumnya yang sering ditemui adalah edelweiss yang berbenruk seperti bunga kol. Biasanya para pendaki mengambil dan merangkainya seperti bunga kol dan dijadikan sebagai hiasan. Sebagai pendaki yang baik,jangan lakukan itu ya? “Mereka ada kerena kita jaga”. Edelweiss juga memiliki ragam warna yang berbeda. Yang berbentuk seperti alang-alang biasanya berwarna coklat, sedangkan yang berbentuk seperti bunga kol memiliki warna kunig,ungu,dan masih banyak lagi warna edelweiss yang eksotik.
Bentuk pohon bunga ini sangat unik. Tumbuhan ini berbunga bergerombol. Satu pohon edelweiss maksimal tingginya sekitar 8 meter. Dengan diameter batang sebesar kaki manusia. bentuk daun menyirip dan berwarna hijau keputih-putihan. Satu pohon edelweiss bisa menghasilkan banyak gerombolan edelweiss.

Pada saat musim mekar, satu pohon edelweiss hanya akan tampak gerombolan-gerombolan bunga edelweiss. Sungguh indah.
Edelweis merupakan tumbuhan pelopor bagi tanah vulkanik muda di hutan pegunungan dan mampu mempertahankan kelangsungan hidupnya di atas tanah yang tandus, karena mampu membentuk mikoriza dengan jamur tanah tertentu yang secara efektif memperluas kawasan yang dijangkau oleh akar-akarnya dan meningkatkan efisiensi dalam mencari zat hara. Bunga-bunganya sangat disukai oleh serangga, lebih dari 300 jenis serangga seperti kutu, tirip, kupu-kupu, lalat, tabuhan dan lebah terlihat mengunjunginya.
Ada mitos mengatakan Edelweiss adalah simbol Cinta abadi dan pengorbanan. Edelweiss merupakan perlambang cinta yang penuh ketulusan mengingat tekstur yang halus dan lembut dengan warnanya yang putih (walau ini sebenarnya tergantung kepada habitat di mana ia tumbuh yang menyebabkan warnanya agak kekuning-kuningan, keabu-abuan ataupun kebiru-biruan).
Edelweis juga melambangkan pengorbanan. Karena bunga ini hanya tumbuh di leang-lereng gunung dengan ketinggian lebih dari 3000mdpl. Misalnya saja di Gunung Semeru. Kita bisa menemui kebun Edelweiss di Ranu Kumbolo, Banjangan dan Kalimati. Bunga edelweiss ini merupakan bunga abadi karena jika tipetik tekstur bentuk dan warnanya tidak akan berubah walaupun itu disimpan dalam suhu ruangan. Tapi jangan coba-coba memetiknya yaa. Ingat “Mereka ada karena kita jaga”
Keberadaan Edelweiss di Indonesia sendiri sudah tergolong langka. Jadi kalo kita ngaku emang pendaki sejati, jangan coba-coba memetik bunga ini abadikan saja dengan kamera . “Mereka ada karena kita jaga”.

0 komentar:

About This Blog

Lorem Ipsum

About This Blog

  © Blogger templates Sunset by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP