Selamat datang di Blog yang sederhana ini. Mari Share tentang dunia Adventure :)
Semoga Bermanfaat ! :)

Menuju Puncak MAHAMERU !!

>> Jumat, 23 September 2011

Gunung Mahameru merupakan sebuah gunung yang terdapat di pulau Jawa, Indonesia. Gunung Mahameru mempunyai ketinggian setinggi 3,676 meter.
Gunung Mahameru merupakan gunung yang tertinggi di pulau Jawa dan gunung berapi yang kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.676m dari permukaan laut dan merupakan salah satu gunung berapi yang paling aktif.
Gunung Mahameru mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.
Hari Jum’at tepatnya tanggal 2 September 2011, H+3 Hari Raya Idul Fitri 1432 H. Kami Tim Pecinta Alam Bhawana Jaya melakukan agenda tahunan menuju puncak tertinggi di-Jawa yaitu Puncak Mahameru atau lebih dikenal dengan Gunung Semeru. Kami berangkat sejumlah 8 oarang. Tapi yang berangkat hanya senior-senior saja . Hanya saya dan Ni Made saja yang masih sekolah .hehehe . tak hanya dari anggota senior Bhawana Jaya, tapi kami berangkat dengan 4 oang dari lua anggota PA Bhawana Jaya . yah. Yg laen itu temen dari senior-senior nehh . Saya sebutin aja yak yg ngikut dalam Pendakian ini mereka adalah Veronica,Rahardyan Septa(Chipenk),Khoirika Cahyani(Gobezz Lebih tepatnya saya sendiri),Ni Made Ayu S P(Akrabb di panggil Shampo,seangkatan dengan saya), dan 4 orang yg dai luar Ragil (Pembina SkalaMayapada), Mas Wardhana , Mas Somad , dan Mas Pace (Mereka ini Trio PULO  yg saya kenal pas hiking ke Arjuno dulu, mereka sangat kuat lhoo.Hiking saja bawa LPG) Hahahha :D

Langsung saja nih cerita suka dan duka seputar pendakian Semeru . Kami berangkat dai mojokerto pukul 06.45 . setelah semalem yg lalu Packing di rumahnya Chipenk (Basecapm tempat packing) . Berangkat naik Len A menuju terminal Mojokerto untuk naik Bus kuning menuju Japanan. Pukul 07.10 kami sampai di terminal Mojokerto , dan kemudian lanjut naik bus kuning menuju Japanan untuk naik bus besar menuju terminal Arjosari-Malang. Setelah perjalanan Bus dari Mojokerto Ke Malang sekitar 3 jam perjalanan. Sampailah di terminal Arjosari Malang. Dilanjut naik Len warna Putih meuju pasar tumpang. Waaahhh,, udah ketemu banyak Hiker dari berbagai kota di terminal Arjosari ini.Bakalan Rame nih :D
 Sampai pasar Tumpang nih,kami harus tes kesehatan untuk keperluan registrasi, terus lanjut menuju Pos Perijinan RANU PANI untuk regristrasi . Dukanya nih pas menuju ke Ranu Pani dari pasar tumpang ,harus naik kendaraan khusus yaitu Hartop . sekitar 2 jam naik Hartop dengan jumlah penumpang yang tak sedikit sejumlah 15 ekor –“ . hedeecchhh... desakan dan terombang ambing di atas Hartop selama 2jam dan kanan kiri disuguhi dengan pemandangan – pemandangan Jurang yang eksotik. :O . tapi Hartop yang kami sempat mogok selama setengah jam di jalanan yang cukup menanjak. Huuuuhhhh....
Setelah terombang-ambing di atas hartop selama 2 jam ,akhirnya jam 05.00 kami sampai di Pos Perijinan Ranu Pani untuk ijin Registrasi . Sembari menunggu registrasi . saya mencuri kesempatan untuk mandi. Beeerrrrrr.. Sumpahhh, rasanya mandi Beku ni badan . :O
Registrasi selesai , kami memulai pendakian menuju tempat Camp pertama “Ranu Kumbolo” sebuah danau yang sangat Eksotik . pejalanan dari Pos Ranu Pani ke Ranu Kumbolo selama 7 jam . dan melewati 4 pos di setiap perjalanan . berjalan ditengah gelap, dingin dan jalan setapak yang tiada henti dengan pemandangan sebelah kiri jurang yang curam . kamipun dengan sangat hati-hati melangkah. Dalam hati sempat terbesit asa, dan bertanya-tanya “Sampai kapankah jalanan ini beakhir?” . sesekali kami behenti dan rasa lelahpun Terbayar LUNASS dengan suguhan indah taburan Serbuk kelap-kelip di langit . Subhanallah J .
Setelah 7 jam perjalanan 13 km kita berjalan akhirnya terlihat gemerlip pantulan cahaya bintang diatas air yang melimpah “Ranu Kumbolo” . Kami Sampai. Melepas Lelah dan mengisi tenaga untuk hari esok , kami membangun tenda untuk nge-camp malam ini. Sudah ratusan tenda berjajar di sini. Woooowww...Keburu kedinginan dan membeku kami segera membangun tenda. 3 tenda . 1 tenda khusus Saya,Ni Maade, dan mbak Vero. 2 tenda lagi khusus anak cowo. Tenda jadi langsung Tidurr walaupun yang lain pada masak, kali ini saya gak napsu makan . hihihiii.. Tidur berseimutkan dinginnya Ranu Kumbolo, setiap 1 jam saya bangun berharap agar cepat pagi dan menghangatkan badan di bawah sinar matahari. . brrrrrrr... hangat sleeping bag pun terkalahkan oleh dinginnya Ranu Kumbolo yang suhunya -2 derajat C. Bbrrrrrrrrrrr... subhanallann dinginyaaaaa...
Hari Kedua Sabtu 4 September 2011 . Kami dibangunkan oleh dingin kabut pagi Ranu Kumbolo. Pagi-pagi kaki saya sempat mati rasa. Heeuuhh -.-“ . tak lama kemudian sinar matahari pagi terlihat dari belahan bukit yang mirip dengan Bukit Teletubiess . Subhanallahh... inilah yang saat-saat yang di tunggu. Sunrise diatas Ranu Kumbolo J . kami memasak untuk mengisi tenaga. Menu pagi ini Sop bumbu Bluband dan tempe remek pluss nuggett ala cheeff Veronica . Hahhaaaa ISTIMEWA !! :D
Setelah kenyang mengisi perut dan mengisi tenaga. Kami bersir diri disekitar Ranu Kumbolo . dengan air yang sangat dingin, ini tangan menyentuh air.nya kayak Beku :O woooo...  selesai, kami packing untuk melanjutkan perjalanan berikutnya. Pukul 09.00 kami melanjutkan perjalanan menuju Kalimati untuk persiapan Muncak ke Mahameru. Perjalanan dari Ranu Kumbolo di lanjut ke Tanjakan Cinta (yang mitosnya nih, siapa yang kuat mendaki di tanjakan ini seseorang yang dicintai bisa jadi jodohnya. Benarkah itu? :o . hohoohoho. Di balik Tanjakan Cinta disuguhi pemandangan yang sangat Luar Biasa “ORO-ORO OMBO” . lembah yang sangat luas dan bukit sepeti Bukit Teletubiess. Subhanallah J . Berjalan di Oro-oro ombo, kami lanjut ke Cemoro Kandhang untuk istirahat sejenak dan mengisi tenaga untuk jalanan selanjutnya yang cukup menanjak.
Dari Cemoro Kandhang perjalanan lanjut ke Kalimati , di sela perjalanan banyak kami temui pendaki-pendaki dari luar daerah . wooowww...  5 jam perjalanan dari Ranu Kumbolo ke Kalimati . sempat kami berfoto di Jambangan saat Jongging Saloka(kawah semeru) memuntahkan Gas Beracunnya. Ini kesempatan langka yang paling di tunggu para pendaki untuk berfoto ria :D .
Sampai Kalimati Jam 3 sore. Kami sesegera mencari tempat yang cocok buat nge-camp. Yanhh, di sela pohon pinus, di belakang rerimbunan EDELWEIS , kami membangun tenda disitu . selesai membangun tenda Cheff kita ini mbak Vero mau masak lagi . tapi persediaan air menipis. Tak apa di dekat Kalimati ada sumber air yang dinamakan Sumber Mani . Tidak dekat menuju sumber mani sekitar 1 jam berjalan pergi dan kembali dengan jalanan di sela tebing yang Subhanallah indahnya .. J. Malam mulai datang, dingin mulai menyelimuti Kalimati, kami membuat api unggun untuk menghangatkan badan .Menjelang pukul 6 sore kami semua tidur untuk mempersiapkan tenaga buat nanti malam Menuju Puncak Mahameru. Dengan dingin Kalimati yang mecekam, kami tidur dengan pulas.
Pukul 00.15 Kami semua bangun dan mempersiapkan Menuju Puncak . Segala makanan dan minuman tak lupa Nutrijell sudah disiapkan tadi sore. Saatnya Berdoa dan Berangkat Menuju ARCAPADA kemudian menuju puncak. Ditengah beku arcapada kami terus berjalan menjusuru jalanan yang mulai menanjak dengan kemiringan kurang lebih 60o . Perjuangan menuju puncak berpasir ini sungguh sangat melelahkan . 6 jak berjuang .ALHAMDULILLAH , akhirnya langkah kaki tetapak di puncak Mahameru . Subhanallah .. Rasa Haru,Emosi,Senang wes nano-nano dah, bercampur menjadi satu . Puncak MAHAMERU J Puncak Para Dewa . tak lupa berfoto ria . Kembali Pulang meuju Kalimati .
Hanya 1 jam saja kami turun dai puncak Mahameru menuju Kalimati  di banding dengan perjuangn mendaki . sangat beda jauh . :O
Jam 9 kami makan-makan . mengisi tenaga untuk turun kembali ke Ranu Kumbolo dan Kemudian Nge-Camp di Ranu Pani . Minggu Pukul 01.00 siang kami kembali pulang meninggalkan Kalimati meuju Ranu Kumbolo dan Nge-Camp di Ranu Pani. Sampai di Ranu Kumbolo pukul 3 sore . lanjut perjalanan panjang ke ranu pani selama 4 jam . sempat ada kebakarang ulah tangan-tangan jahil. Kamipun sesegera untuk turun ke Pos Ranu Pani sebelum terjebak di dalam baa api. :O . sampai Pos satu , hati kami sangat Lega, tapi perjalanan belum berakhrir masih melewati oro-oro dowo jalanan setapak yang tiada henti . huuuhh... dari kejauhan terlihat gemerlip lampu Pos Ranu Pani . dan kami melihat jalanan aspal kami semua senang dan semangat kami kembali lagi :D
Pukul 08.05 sampai di Pos Ranu Pani .walaupun tak semua , tapi kami sesegera membangun tenda di depan Pos Perijinan Ranu Pani. Dengan dingin malam yang semakin menjadi, kami sesegera membangun dan masuk tenda. Tidurr di hari terakhir di Semeru. Dan kemudian pulang meninggalkan Mahameru .
Pagi kami berpesta manghabiskan makanan yang tersisa . Pesta Pora. Hahhaaa,, setelah kenyang berpesta, Kami semua packing untuk Pulang. Packing selesai, tinggal menyewa Hartop dan kembali menuju pasar Tumpang Dan Pulang . “Say Good Bye to MAHAMERU” :D
Perjalanan tak terlupakan bersama teman-teman . tak terlupakan suasana Mahameru. Subhanallah..

Singkatnya neh sobb . Perjalanan dari pasar Tumpang ke Pos Ranu Pani naik Hartop selama 2 jam. Kemuadian di Pos Ranu Pani Menuju Ranu Kumbolo selama 6 jam . paginya dilanjut ke kalimati , yang melalui tanjakan cinta, oro-oo ombo, cemoro kandang,Banjangan , Kalimati, kemudian lanjut ke Arcapada dan menuju Puncak MAHAMERU ! :D . rute selengkapnya lihat aja kaos oleh-oleh dari sono ,ada gambar rute lengkapnya noh. Hahahhaay :D