Selamat datang di Blog yang sederhana ini. Mari Share tentang dunia Adventure :)
Semoga Bermanfaat ! :)

Menapak di Gunung Arjuno

>> Jumat, 21 Oktober 2011

Hari Sabtu tepatnya tanggal 25 Juni 2011 , kami dari Pecinta Alam Bhawana Jaya mengadakan Diklat Scraft Merah para Junior untuk menjadi senior. Yang bertujuan mendaki ke Puncak Gunung Arjuno. Dengan anggota junior berjumlah 4 orang yaitu Akbar, Khoirika (Gobezz), Ni Made (Shampo), dan Ina. Dan anggota senior 2 orang Adam(Ketua) dan Agung (Mbah Roso). Pembina yaitu Mas Qituk. Dan anggota Istimewa Mas Anjar dan Mas Cipenk. Tapi ada Mas Ragil dan juga Mbah Beken yang juga ikut mendaki dalam ekspedisi ini.
Inilah perjlanan Kita :

Sabtu, 25 Juni 2011
06.00 am              : Kami berkumpul di sekolah tepatnya SMAN 3 MOJOKERTO untuk upacara pemberangkatan. Kami berangkat dari sekolah menuju Tretes tepatnya di hotel Surya dengan menyarter  Len B . Karena molor, kami berangkat dari pukul 08.25. perjlanan kurang lebih 3 jam karena macet. Sempat ada insiden mobil gak kuat naik karena jalur yang cukup menanjak. Akhirnya kami turun.
11.00 am              : Sampai di pos perijinan.Pendakian dimulai melalui jalur Tretes.Kami sampai di pos Perijinan tepatnya didekat Hotel Surya Tretes untuk izin dan regristasi pendakian. Setelah regristasi, kami mengisi perut terlebih dahulu di warung dekat pos perijinan. Perut sudah kenyang, saatnya Cheking Barang. Selesai. Pendakian dimulai.
11.50 am              : Kami memulai pendakian dari pos perijinan menuju ke Pondokan tempat nge-Camp kami. Karena siang yang cukup panas, kami mendaki dengan santai sambil membawa berat beban tas carier kami yang cukup berat. Ditengah perjalanan kami banyak bertemu dengan pendaki-pendaki lain dari berbagai daerah. Banyak kejadian Unik disaat kita melakuakn Pendakian salah satunya Mbah Roso yang selalu menyetater dirinya(kata temen-temen. Hahhaa :D). Pendakian sampai di pos petama yaitu POS KOKOPAN yang ada sumber air mengalir dengan segar . uhhmmmm... kami pun istirahat sejenak untuk minum-minum dan mengisi perut.
03.50 pm              : Kami sampai di Pos pertama yaitu Pos Kokopan. Kami berhenti untuk melepas lelah dan mengisi tenaga. Dengan disuguhi mepandangan di depan mata Gunung penanggungan yang meruncing sempurna. Woooowwww.... rasa lelahpun langsung hilang.!! Amazing..
04.45pm               : kami melanjutkn pendakian menuju pos kedua yaitu pos Pondokan tempat yang akan kami jadikan tempat Camp. Perjalanan dari pos kokopan menuju Pondokan kira-kira 3 jam an . Ditengah pejalanan ada lagi insiden Yaitu kaki mas anjar yang kram. Amazingnya niihh,, dengan jalanan yang sangat terjal masih juga jalur ini dilalui mobil. Tapi bukan sembarang mobil lhoooo... mobil ini khusus untuk mengangkut Belerang di pos timbangan belerang. Perjalanan kami agak lambat karena menunggu salah satu teman kita yang kakinya kram de.eL.eL.  Malam tiba, kamipun masih melanjutkan perjalanan menuju pos pondokan . Suhu UdaraPun mulai sangat dingin.. bbrrrrrr..... Tapi,  Subhanllah.. indahnya malam di atas ketinggian gunung. Bintang tampak jelass,sangat terang. Di sela istirahat kami Mas Adam(Ketua Bhawana Jaya) bilang : “Heh reekkk!! Bintange Mlaku opo sirahku ceng mbliur iki???” :O .. woooowww.... Kami sontak kaget dan tertawa.. hahhaha a:D .
08.10 pm              :  Kami tiba di Pos Kedua yaitu Pos Pondokan. Beruntungnya kami di Pos Pondokan ada salah satu Gubuk (pondok ) yang kosong. Sehingga kamipun tak perlu membangun tenda.. hahhaaha:D . dengan suhu udara yang emakin dingin, tanpa pikir panjang kami langsung merapikan tempat untuk tidur kami untuk beristirahat. Dalam pondok yang kecil kami tidur dengan berdesakan yang berisi 11 orang.. hahhaha :D desekan reeggg!!.tidur dengan kaki bertumpuk-tumpukan. Insiden tidurpun banyak. Mbah Roso Nglindur : “ Arek-arek Mudhun liwat endi?” hahahaa :D . toeeng-toeeng:/. Mas Anjar : Masih tetap dengan Ngorok-Nya yang kerass,,hwagagagagag :D . Akbar :Pake acara masuk angin segala, malem-malem muntah-muntah ..hhuweeeeee :P. Gobezz : Kakinya gatal-gatal karena dia tidur paling pojok deket jerami. Haddooowwwhhh... ada-ada sajaa :O. Semakin malam suhu udara semakin dingin.angin bertiup kencang menimbulkan suara gemerusuh. Brrrrrr.... Kami semua tak bisa tidur..tapi  Mas Ragil tidur dengn nyenyak dengan sleeping bedNya. Heeeuuuhhh =,=” sementara yang lain kedinginan. Akhirnya Mas Qituk sang Penyelamat, ia mengeluarkn sleepingbadNya untuk kami semua. Tapi tak semua kebagian, hanya kaki kami saja yang berSleepingBad’an.. gapopolahh,, mending dari pada gak sama sekali ..yeeeeyyy..!!
Minggu, 26 Juni 2011
06.10 am              :Hari kedua kami . Pagi menjelang, saatnya bangun walau ada dua orang yang bangun yang terlebih dahulu yaitu Gobezz dan Ni Made. Duo rembes ini selalu buat gempar. Terutama Ni Made yang pagi-pagi duduk di batu besar sambil kentut. Hadoooowwhh!! :O . Kami semua bangun dan mengambil air di sumber yang tersedia untuk dibuat memasak. Para cowok-cowok mwngambil air dan para cewek yang bagean masak . heeeuuhhhh!! Emang udah bagiannya cewe memasak .. hahhaha :D  . kami mengisi perut untuk persiapan Muncak  ke Arjuno . saatnya Makan !!! hmmmmm...
08.30 am              : Setelah kenyang makan-makan, kami bersiap menuju puncak G.Arjuno. Kanya sih kalo menuju puncak perjalanan sekitar 2jam. Sebelum melanjutkan pendakian meuju puncak, kami melakukan pemanasan terlebih dahulu untuk melemaskan otot-otot agar tidak kram di perjalanan.Dan Berdo’a demi keselamatan kita semua. Kami muncak tidak membawa logistik apa-apa, hanya mas Qituk saja sang Pembina yang membawa logistik yg dimasukkan di tas Avtech-nya.(hohohoo.. dilarang sebut merk :O) hanya 8 orang yang muncak yaitu Mas Qituk, Adam, Mbah Roso, Mas Ragil, Akbar, Gobezz,Ni Made dan Ina. Sementara Mbah Beken menjaga camp kami. Mas Anjar dan Mas Chipenk pulang karena mas Chipenk yang hari senin ada Ujian . Okeehhh... kami pun berangkat menuju Puncak . Perjalanan diawali dari pos Pondokan naik terus menuju hutan Pinus dan penuh dengan semak belukar. Di setiap perjalanan menuju puncak, kmi banyak bertemu dengan Burung Petunjuk Arah, tak tau burungn apa namanya. Uniknya Burung ini menunjukkan arah menuju puncak, disetiap perjalanan ada burung ini dan juga jejaknya yang berupa kotoran yg berwarna putih yang berceceran di tanah,kayu, ataupun bebatuan . Subhanallahh... Amazingnya Burung ini :O . Kami terus berjaln mengikuti jejak burung ini. disela perjalanan kami bertemu dengan para pendaki dari lain daerah J . Perjalanan kami cukup menyenangkan karena kami melalui hutan pinus yang lebat dan melihat padang sabana yang di sebut Lembah Kidang. Kami terus melanjutkan perjalanan. Hampir sampai puncak, ada Batu Besar yang Bagus untuk Foto. Akhirnya kami istirahat sejenak untuk berfoto ria.. hahha narziz euyyy !!! setelah berfoto ria, kami melanjutkan perjalanan. Tetapi Kbut tebal dan ngin kencang terus berjalan menuju puncak. Suhu udara semakin dingin . Brrrrrrr...... di depan kami ada rombongan dari lain daerah yang ber istiahat menunggu kabut dan angin reda. Sedikit lebih jauh dari rombongan tadi, kamipun turut istirahat untuk menunggu Kabut dan angin reda. Tapi Naasnya kabut dan angin tak reda-reda malah menyebabkan hujan gerimis yang sangat lebat. BADAI !! Wooowww.. kami berhenti . kedinginan, lapar, .tak kami hiraukan . kami tidur di bawah pohon dengan badn yg mengigil kedinginan. Brrrr...... Mas Qituk mengeluarkan sedikit makananNya untuk mengisi perut. Mencoba membuat api unggun untuk menghangatkan badan tetapi tak bisa karena kayu  basah. Mencoba membakar bungkus makanan yang kami makan naas juga tak menyala karena tertiup angin .. bbrrrrrrr... semakin dingin . akhirnya mas Qituk mengiris tali celananya untuk membuat api. Tak Bisa juga L  . kami mencoba meminta spirtus pada rombongan di bawah kami. Tak Ada! Hmmm... saat itu pukul 10.45.Kami pun mengambil kesepakatan “Jam 11.00 Badai tak reda kami turun “. Hohohooo... keputusan yang arif. Karena jik terus dilanjutkan ke puncak beresiko tinggi /hhhhhh...jam 11.00 Badai tak reda malah semakin menjadi. Kami kembali turun ke pos pondokan. Diikuti dengan rombongan lain di belakng kami. Tak Jadi Muncak L Tak Apalah. Bukan Rejeki kita ..hohohoho.
11.00 am              : Kembali turun ke pos pondokan. Tak jadi Muncak. Tak apa . muncakpun beresiko tinggi. Kami tuun melalalui jalur yang sama . mengikuti jejak burung petunjuk arah . tapi di sela perjalanan, tak tau kami menuju Padang sabana yang luas, indah, yaitu Lembah Kidang (Lali Jiwo). Senangny kami disitu. Kembali berfoto-foto ria dengan senang di Lembah Kidang. Tak terasa jam sudah menujuk pukul 12.15 . kami kembali melanjutkan perjalanan turun, dengan santainya kami mengikuti jalan yang ada, tapi anehnya tak ada jejak burung petunjuk arah :O . terus kami berjalan, lamaaaaa tak sampai di pondokan, beberapa naik turun bukit tak ketemu jalan.Jalannya Hilang :O huuwaaaaaa... Kami nyasar,Tersesatt tak tau dimana. Bena tulisan di lembah kidang tadi “Lembah Kidang(Lali Jiwo)” membuat kami lupa akan jalan kembali pulang ke pos pondokan. Hwadduuhhh.. Suasana Horo mulai tiba ketika kami berada di rerimbunan pohon pinus disela itu semua kabut tebal mulai datang . huaaaaaaa.. menakutkan. Kami Berhenti untuk berdo’a memohon pertolongan agar di beri petunjukk jalan untuk pulang . Sementara kami berhenti di pohon besar untuk istirahat, mas Qituk, Mas Adam, dan  juga mas Ragil mencari jalan. Naik ke bukit berharap pondokan terlihat. Nihil!! Tak ada jalan. L Semua pada cemass tapi akbar dengan santai dan diam memegani perutnya dengan wajah melass ia kelaparan . hadoowwwhh... ada-ada saja seee.... mas Qituk memberinya mie goreng. Ia pun meakannya mentah mentah. Tak ada jalan lain kami beteriak sekencang mungkin berharap ada bantuan “Toolooonngg” di sela rerimbunan hutan pinus ada suara yg menyauti. Sedikit Plong . Alhamdulillah Ya Allah. J . Coba kami berteriak lagi “Mas Tunggu Mass kami tersesat” unyi, Hening, suara itu hilang.. huaaaaaaaaa.... kami terus berjalan mengikuti arah suara walau suara itu sudah lenyap . Semak Setinggi badan. Menerobos rerimbunan semak-semak . Tak lama kemudian.Alhamdulillah Kami melihat Pondokan . Senang, Lega, Plong Ya Allahkami bisa kembali . Sejenak kami beristirahat mengenang kejadian tadi. Kami kembali ke Pondokan .

02.20 pm              : Kami sampai dipondokan dengan selamat walau tak terasa tangan,kaki penuh dengan goresan semak yamg setinggi badan kami. Tak apalah yang penting kami semua selamat.. AMAZING EXPERIENCE . hahhaa nyasarr di Lembah Kidang Lali Jiwo . kami makan untuk mengisi tenaga . karena sore ini kami harus kembali pulang dan nge-Camp di pos kokopan. Setelah puas makan, kami sedikit bercengkrama dengan penambang welirang yang ada di pos pondokan . kami menceritakan semuanya . kata penambang welirang disitu kami tersesat di Gunung Ringgit . dan telah menginjak akar mimang yang membuat kita lupa semuanya. Hohohooo... puas makan-makan, kami pun packing untuk kembali turun. .

O4.35 pm             : Kami melanjutkan pejalanan tuun meuju pos kokpan . Di sela perjalanan kami saling bercengkrama mengingat kejadian tadi. Hhhahaa:D  Kami lihat ayam alas terbang di atas cabang pohon pinus. Waaauuwww... masih alamiNya alam disini . Melewati jalan bebatuan kami turun dengan santai sambil menikmati indahnya Sunset . Subhanallah... pejalanan dari pondokan menuju pos kokopan selama 3 jam. Tapi kami agak cepat sedikit...

06.50 pm              : Sampai di pos kokopan . mencari tempat untuk mendirikan tenda kami. Beruntungnya Mas Qituk bertemu dengan temannya . akhinya kami nge-Camp bareng deket Camp temen Mas Qituk yg disitu sudah tersedia api unggun. Kami mendirikan tenda kami masing-masing . cewe dengan tenda Eiger dg cover Orange. Sementara cowo dengan tenda Eiger punya mas Ragil. Setelah membangu tenda. Kami makan untuk mengisi perut. Setelah itu tudur untuk istirahat melanjutkan perjlanan turun untuk pulang. Tidurr..... zZzZzZzZzZzZzZzZz.....
Senin, 27 Juni 2011
03.00 am              : terdengar suara ramai dari tenda cewe . mereka sudah bangun .hadooowwwhh.. ngrameni ndunyo... hahahhahahhaa :D . hanya tenda cewe saja yang ramai, sementara yang lan masih terlelap tidur. Menunggu datangNya sunrise di pos kokpan pasti baguss.... Ni Made mencoba menuju sumber air Kokopan untuk memasak membuat kopi.  Tak lama kemudian matahari mengitip melihatkan sinarnya . Gobezz melihat tenda dari PA SMAN 1 PURI Resmanika Majapla yang juga melakukan diklat jejang . setaa dengan diklat scraft merah kami . Indahnya Sunrise .Subhanallah... matahari mulai menampakkan sinarnya . di atas ketinggian kurang lebih 2000mdpl , gunung penganggungan di depan Mata . Lautan terlihat membentang dari atas sini. Subhanallah. Akhirnya semua bangu, teman mas Qituk memasak untuk kami semua. Dengan logistik yg tersisa. Kami semua makan bersama dengan lahapnya.. hmmmm...... setelah makan, kami kembali berfoto-foto dibawah indahnya sunrise. Setelah itu kami packing dan melajutkan perjalanan pulang.
08.30 am              : Kami semua kembali melanjutkan perjalanan turun untuk pulaang.dengan jalan bebatuan kami dengan semangat turun untuk pulang, tapi sebelum pulang kami turun terlebih dahulu mampir ke air terjun alap-alap dan air terjun kakek bodo  untuk melakukan penyamatan junior menjadi senior . tujuan pertama air terjun alap-alap yg letaknya di dalam rerimbunan alass. Tapi tak ugi dengan perjalanannya . air terjunnya sungguh indah . disitu kami melakukan paemberian scraft merah kepada para junior untuk menjadi senior. Perjlanan lanjut ke air terjun kakaek bodo. Setelah bersenag-senang dan mandi di kakek bodo kami Pulang .
03.00 pm              : kami sampai kembali di pos perijinan . dan makan-makan di warung deakt pos perijinan seperti waktu kami mau berangkat mendaki . setelah puas makan, rombongan kami menyarter mobil untuk pulang . bers semuanya . Kami Pulang !! di pejalanan pulang insiden muntapala tejadi pada Gobezz. Hahahahaha :D
05.10 pm              : kami sampai di sekolah tercinta SMA Negeri 3 Mojokerto.

Sungguh petualanagan yang tak terlupakan. Amazing Experience!! Tahun depan kesitu lagi yakkk !! Ayo kita muncak.. tapi gak pake acara nyasar-nyasaran.. Okeeee....... Salam Rimba BHAWANA JAYA !!!